Menjawab Kontroversi MMM

MMM adalah arisan berantai. Dibuat oleh Sergey Mavrodi, seorang berkebangsaan Rusia yang pernah melakukan penipuan dan mendekam dalam penjara. 

MMM adalah skema piramida dan money game. Uang yang diperoleh member berasal dari member lain. Penghasilannya yang 30% perbulan pun sangat tidak masuk akal. Bank saja tidak sanggup memberikan bunga sebesar itu. 

Dan secara agama, hukum MMM adalah riba dan haram. Sementara secara hukum negara, MMM adalah penipuan dan ilegal. 

Begitu kurang lebih komentar kamu tentang MMM. Bahkan yang lebih mengerikan, kamu pernah bilang kalau MMM adalah sekumpulan Manusia Memangsa Manusia. 

Padahal kamu belum pernah mendaftar menjadi anggota MMM. Kamu hanya melihat sekilas, tidak tahu secara jelas bagaimana sistem dan ideologi MMM yang sebenarnya. 


Kamu bilang MMM adalah arisan berantai. Padahal kamu belum pernah ikut arisan berantai yang menyebar brosur di mesin-mesin ATM. Jadi kamu tidak tahu persis arisan berantai itu seperti apa. Dan kamu juga tidak tahu sistem MMM itu bagaimana. 

Kamu bilang MMM penipuan. Sementara kamu menjadi anggota MMM saja tidak pernah. Kalau jadi anggota saja tidak pernah, bagaimana MMM bisa menipu kamu. 

Coba lihat mereka yang sudah menjadi anggota MMM. Mereka tidak pernah merasa ditipu. Mereka justru gembira, sebab MMM sangat membantu mereka secara financial. 

Bahkan MMM secara jujur mengakui bahwa mereka menggunakan sistem piramida seperti halnya bank, asuransi, dan semua institusi keuangan dunia. 

Jadi tidak ada jaminan kalau uang anda bakal aman. Setiap saat uang anda dalam bahaya. Makanya jangan ikut MMM dengan uang dapur atau ngutang! 

Masak sudah jujur begitu masih kamu sebut penipuan. Jangan-jangan kamulah yang menipu orang lain dan menipu dirimu sendiri. 

Kamu bilang benefit 30% perbulan dari MMM tidak masuk akal. Alasannya, karena bank saja tidak sanggup memberikan bunga setinggi itu. Dan secara logika itu tidak mungkin. Karena MMM tidak memutar uang untuk bisnis atau jualan produk. 

Apakah kamu tahu sistem Fractional Reserve Banking? Apakah kamu tahu perbedaan mendasar antara Sistem Bisnis dan Sistem Keuangan? 

Ngaku aja deh, kamu enggak tahu, khan? Makanya jangan sok pinter. Jangan merasa paling bener. Jangan seenak udelmu nyebut MMM penipu dan memberi keuntungan tidak masuk akal. 

Nah..., karena kamu tidak tahu rumus Fractional Reserve, maka kamu menganggap bunga bank yang kecil saban tahun itu adalah hal yang wajar. 

Padahal, seharusnya bank bisa memberikan bunga sangat besar kepada semua nasabahnya. Benefit 30% di MMM tidak seberapa ketimbang keuntungan bank yang sesungguhnya. 

Karena kamu enggak tahu perbedaan Sistem Bisnis dengan Sistem Keuangan, maka kamu anggap bisnis itu selalu menjual produk. Padahal bisnis menggunakan Sistem Keuangan sama sekali tidak membutuhkan produk untuk dijual. 

Dan ketahuilah bahwa MMM adalah bisnis yang menggunakan Sistem Keuangan. Jadi kamu jangan gunakan logika sistem bisnis untuk menilai sistem keuangan. 

Kerancuan berpikir seperti inilah yang membuat MMM tidak masuk di akalmu. Kamu seperti orang dewasa memakai baju bayi. Lalu kamu berkata bahwa badanmu yang kebesaran. 

Kalau bank juga kamu lihat dengan logika sistem bisnis, maka kamu akan menganggap bank dapat untung dari bunga yang dibayarkan oleh nasabah yang ngutang. Terus bunga ini dibagi dua, sebagian untuk membayar bunga nasabah yang nabung, sebagian untuk bank sendiri. 

Padahal bank adalah sistem keuangan. Cara memperoleh keuntungannya tidak begitu. Keuntungan dari bunga pinjaman tidak akan mencapai puluhan triliun saban tahun. 

Lantas dari manakah sumber keuntungan bank yang mencapai puluan triliun itu? Yang jelas bukan dari bunga pinjaman. Bank bisa dapat keuntungan sebesar itu karena bank menggunakan sistem keuangan, bukan sistem bisnis. 

Saran saya, segera beli ebook Otak Uang di www.otakuang.com. Setelah membaca ebook itu kamu akan tahu sendiri apa Fractional Rserve dan apa perbedaan Sistem Bisnis dan Sistem Keuangan dalam mendapatkan keuntungan. 

Kalau soal pendiri MMM adalah mantan narapidana itu memang benar. Tapi bukan karena kasus penipuan seperti yang kamu dengar. Mavrodi ditahan dengan tuduhan tidak membayar pajak penghasilan bisnis kepada negara. 

Waktu itu MMM adalah perusahaan nirlaba. Mereka tidak mencari keuntungan untuk korporasi. Keuntungan yang didapat sepenuhnya untuk para partisipan. Itulah alasan mengapa Mavrodi merasa tidak punya kewajiban membayar pajak. 

Soal tuduhan Mavrodi menipu member MMM juga terbantahkan. Sebab member MMM justru melakukan referendum kepada pemerintah agar membebaskan Mavrodi. Bagaimana mungkin orang yang ditipu justru membela orang yang menipu? 

Jadi tidak semua yang kamu tonton dan baca dari berita itu adalah kebenaran mutlak. Dan tidak semua orang yang ada di penjara itu adalah penjahat. Sebagaimana tidak semua orang yang di luar penjara itu adalah orang baik dan suci. 

Soekarno pernah di penjara. Mahatma Gandhi pernah di kerangkeng. Bahkan Nabi Yusuf juga pernah dijebloskan dalam tahanan. Tapi mereka bukan penjahat. Mereka dipidanakan karena mereka melawan kekuasaan yang menindas umat manusia. 

Nah sekarang soal MMM ilegal, karena tidak punya ijin dari OJK. Kamu bisa ngomong kayak gitu karena benar-benar enggak ngerti MMM itu bagaimana. Kamu juga enggak mengerto OJK itu lembaga negara yang tugasnya ngapain. 

OJK adalah otoritas untuk mengatur sebuah lembaga atau perusahaan yang menampung uang dari rakyat untuk suatu bisnis atau investasi. 

Karena MMM tidak pernah mengumpulkan dana masyarakat, maka MMM tidak butuh ijin OJK. 

MMM hanya sebuah sistem untuk mendistribusikan uang bebas para partisipan melalui skema bantuan. Uang tidak pernah dikumpulkan menjadi satu dalam rekening admin MMM sebelum didistribusikan. Uang dikirim langsung dari rekening partisipan ke partisipan lain. 

Kalau MMM ilegal, maka polisi akan menangkap kami. Karena acara MMM selalu terbuka untuk umum, tidak pernah sembunyi-sembunyi. 

Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Banyak anggota polisi, brimob dan TNI yang ikut menjadi partisipan MMM. Apakah kamu kira mereka orang goblok, dan kamu lebih ngerti soal hukum? 

Bahkan beberapa bank sekarang telah menerbitkan ATM berlogo MMM. Dan para pemimpin bank di pelbagai daerah sudah ikut menjadi partisipan MMM. 

Itu artinya mereka menganggap sistem keuangan MMM rasional dan masuk akal. Terus apakah kamu mau bilang kalau kamu lebih cerdas ketimbang orang-orang bank? 

Yang terakhir soal MMM adalah sistem riba dan hukumnya haram. Kamu sebegitu yakin, seolah-olah kamu adalah pakar agama atau sebuah kitab suci berjalan. 

Padahal coba kamu lihat banyak sekali ustadz dan kiayi menjadi partisipan MMM. Mereka itu para pemuka agama. Mereka lebih ngerti dalil dan hukum agama ketimbang kamu. 

Kalau sistem MMM menurut mereka riba dan haram, para ustadz itu pasti tidak akan ikut. 

Ustadz dan kiayi itu awalnya juga menilai kalau sistem MMM itu riba dan haram. Tapi setelah mengetahui sistem kerja MMM yang sebenarnya, mereka mendaftar secara bersemangat. 

Bagi mereka ikut MMM tidak hanya soal benefit 30% perbulan. Tapi MMM adalah wadah perjuangan untuk melawan penindasan para bangkir yang menyengsarakan rakyat. 

Ini kan kasusnya sama kayak kamu. Bedanya, mereka mau mendengar penjelasan sistem kerja MMM dari orang yang sudah ikut. Terus mereka juga ikut mencoba agar bisa tahu secara nyata. 

Sementara kamu enggak mau mendengar. Penilaianmu tentang MMM sudah final. 

Jadi maaf saya tidak percaya pada omonganan kamu. Semua penilaianmu tentang MMM hanya asumsi tanpa dasar. Barangkali kamu dijangkiti trauma berkepanjangan. 

Saya lebih percaya pada mereka yang mengatakan MMM adalah berkah dari Tuhan. Sebab saya sudah merasakan sendiri kebermanfaatan MMM secara nyata.

Subscribe to receive free email updates: